Bio Ethics

Bio Ethics

Catatan dari Rapat Pleno I Komisi Bioetika Nasional di Jakarta, 2 Juni 2009

>> Tuesday, August 25, 2009

Rapat Pleno Pertama Komisi Bioetika Nasional (KBN) 2009-2012 dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 2 Juni 2009 dan dipimpin oleh Ketua KBN (lama) Prof. Dr. Umar A. Jenie. Ketua KBN mengingatkan tugas KBN ialah: (1) memajukan telaah masalah yang terkait dengan prinsip-prinsip bioetika, (2) memberi pertimbangan kepada Pemerintah mengenai aspek bioetika dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis pada ilmu-ilmu hayati, dan (3) menyebarluaskan pemahaman umum mengenai bioetika.

Pemilihan Ketua dan Sekretaris KBN Periode 2009-2012 Pemilihan, yang dipimpin oleh Prof. Dr. Amin Soebandrio, dilakukan secara langsung dengan tiap anggota yang hadir menyampaikan usulan nama calon Ketua (baru). Dari proses ini telah terpilih, dengan suara terbanyak, sebagai Ketua KBN (2009-2012) Prof. Dr. Umar Anggara Jenie, Apt.

Juga diterima para Wakil Ketua, yaitu (1) Wakil Ketua Prof. Dr. Amin Soebandrio, SpMK. dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi; (2) Wakil Ketua Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, SH, SpF, dari Departemen Kesehatan; dan (3) Wakil Ketua Prof. Dr. Ir. Sumardjo Gatot Irianto dari Departemen Pertanian. Dr. Amru Hydari Nazif menjabat sebagai Sekretaris KBN, sekali gus menjadi Kepala Sekretariat KBN.

Rapat mendengakan berbagai masukan seputar program KBN (sementara) dan bersepakat perlunya dibahas secara bersama pokok pikiran mengenai masalah kebioetikaan yang menjadi kepentingan Indonesia. Sesuai dengan ketentuan, Rapat Pleno berikutnya, secara tentatif, akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2009.•(setkbn0609)

0 komentar:

News Bioteknologi

Welcome to Research Center for Biotechnology LIPI

The Ninth Asian Bioethics Conference

Footnote

Contents by KBN ; bio ethics pict from nature_01 template; modified & maintenance by Ahmad S.S

  © Free Blogger Templates Joy by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP