Bio Ethics

Bio Ethics

Bioetika dan Media

>> Wednesday, October 24, 2007

"Adapting the Best Science to Headline News. ... adapting the best science to headline news is arguably one of the biggest challenges we face as a society today. On issues ranging from GM crops, climate change, the MMR vaccine, nuclear waste, nuclear power, new drugs like Herceptin, human/animal embryos, animal research etc etc - society has big decisions to make and probably all of us would say that we want access to the best, most accurate information before we arrive at a decision.

[Fiona Fox, Director of the Science Media Centre]

Untuk mencari dan mendekatkan pandangan mengenai arti penting ilmu pengetahuan, telah digelar suatu acara diskusi terbuka di LIPI Cibinong pada tanggal 18 September yang lalu. Diskusi terbuka ini mempertemukan peneliti keanekaragaman hayati dengan pelaku di bidang media cetak.

Ilmuwan diwakili oleh Prof. Endang Sukara, Dr. Herwasono Soedjito, dan Dr, Didik; ketiganya peneliti yang banyak mendalami lika-likunya keanekaragaman hayati Indonesia. Yang hadir memberi pandangan mereka dari dunia pers ialah Irwan Julianto dari KOMPAS dan Dodi Hidayat dari Koran Tempo.

Dari dunia pers diperoleh masukan dan pembahasan yang menguraikan kebijaksanaan menyampaikan berita di lingkungan media. Uraian ini diarahkan ke pemberitaan dengan topik dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Topik "keanekaragaman hayati" dijadikan fokus awal diskusi.

Acara ini diharapkan dapat berkembang terus, menuju wujud 'bioethics and media center', tempat bertemunya dua kepentingan yang mungkin tidak selalu sejalan dalam pemberitaan ilmu pengetahuan di media, dalam arti "opinion and argument".
Inilah salah satu jalan menuju pertemuan Asian Bioethics Conference ke-9, yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, November 2008.[ahn0907]

0 komentar:

News Bioteknologi

Welcome to Research Center for Biotechnology LIPI

The Ninth Asian Bioethics Conference

Footnote

Contents by KBN ; bio ethics pict from nature_01 template; modified & maintenance by Ahmad S.S

  © Free Blogger Templates Joy by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP